BERSIH DESA GROWONG LOR TAHUN 2017

Bersih Desa Growong Lor

Istilah sedekah bumi mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Ya.. sedekah bumi ini berarti memberikan sedekah atau bersedekah kepada bumi atas rasa syukur yang ditunjukan oleh masyarakat atas segala berkah dan kelimpahan hasil bumi yang diberikan oleh Tuhan, yang biasanya diadakan di suatu wilayah tertentu.

Desa Growong Lor, Kecamatan Juwana pun memiliki tradisi sedekah bumi, yang biasanya disebut dengan Bersih Desa. Kegiatan ini berlangsung rutin tiap tahunnya, dan berlangsung kurang lebih selama sebulan dengan diisi berbagai macam acara.
Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus hingga 28 Oktober 2017 bertempat di kawasan desa Growong Lor.

Berbagai acara akan diadakan untuk menjadikan acara Bersih Desa ini semakin meriah. Selametan/ bancaan merupakan pembuka dari serangkaian acara Bersih Desa dan dilanjutkan dengan Tahlil bersama warga desa Growong Lor. Terdapat acara pementasan wayang kulit, ketoprak dan jambean (panjat pinang) yang merupakan acara wajib tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati Bersih Desa. Selain itu, terdapat beberapa acara pendukung yang tak kalah menarik. Diantaranya terdapat lomba olahraga seperti sepak bola, kasti dan lari estafet yang diikuti oleh warga desa Growong Lor.

Puncak dari acara ini adalah karnaval yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2017. Peserta dari kegiatan ini adalah perwakilan masing-masing RT di desa Growong Lor. Setiap RT akan menggunakan kostum yang unik dengan tema yang berbeda-beda. Kemudian semua peserta akan berjalan mengelilingi desa dan disaksikan oleh ribuan penonton. “Biasanya, karnaval adalah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Mereka sangat antusias untuk datang dan menonton semua rangkaian acara ini.” Ujar Yulian Setyoaji, ST Kasi pemerintahan Desa Growong Lor.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan