Kedatangan Mahasiswa KKN-IK Kudus Disambut Hangat Oleh Pemerintahan Desa Growong Lor

Foto Bersama Kepala Desa Growong Beserta Jajarannya

Meski masih dalam keadaan pandemi, kampus IAIN Kudus yang bekerja sama dengan LPPM (lembaga penelitian dan pengabdian Masyarakat) menyelengMeskigarakan KKN-IK tahun 2021 berbasis tempat tinggal atau domisili mahasiswa bisa disebut “KKN di desa sendiri”.

Untuk pelaksanaannya dengan sistem zonasi wilayah dan tersebar menjadi 4 wilayah yaitu, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Demak dan Kabupaten Jepara. Untuk kabupaten Pati sendiri tersebar di 18 Kecamatan, Salah satunya kecamatan Juwana Desa Growong Lor.

Kedatangan 4 mahasiswi IAIN Kudus yang terdiri dari Nama Dwi Mei Linawati, Lailatul Fitriyah, Cania Ermi Narisma, dan Nur Sholihah disambut hangat oleh Kepala Desa Growong Lor beserta jajaran pemerintahan desa pada tanggal 6 September 2021.

Tujuan utama diadakannya KKN IK 2021 dimaksudkan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sesuai bidang keilmuannya ke arah peningkatan kemampuan dan profesinya dengan mengusung tema “Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama”. Maksud tema ini bahwa seluruh kegiatan KKN diarahkan pada pemberdayaan dan pengembangan segenap potensi yang dimiliki desa menjadi lokasi kegiatan KKN.

Kegiatan pemberdayaan dan pengembangan potensi desa dan potensi masyarakat ini direalisasikan dalam beberapa kegiatan, meliputi: revitalisasi website desa, sosialisasi nilai-nilai moderasi beragama, penyusunan database potensi ekonomi desa dan UMKM, pemberdayaan ekonomi dan UMKM desa, penyusunan buku, artikel atau essay tentang islam, budaya lokal, atau tokoh lokal desa, serta penguatan literasi agama, hukum,sains, dan  teknologi.

 

Penulis: Lailatul Fitriyah

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan