KEGIATAN MINGGU PERTAMA MAHASISWA KKN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG PERIODE 2022

Jumat, 28 Januari 2022 pukul 09.00 – 11.00 diadakan pelaksanaan penerjunan mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang di Desa Growong Lor.,15 mahasiswa dari beberapa jurusan sekolah tinggi Universitas PGRI Semarang tiba di desa Growong Lor. Kehadiran 15 orang mahasiswa ini dalam rangka kegiatan kuliah kerja nyata(KKN) dengan tema “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI LITERASI DIGITAL DALAM IMPLEMENTSASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)”. akan berlangsung sampai tanggal 27 Febuari 2022. Penyambutan Mahasiswa UPGRIS ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Growong Lor dan Langsung di sambut hangat oleh Bapak Narjo beserta jajaran Pemerintah desa serta Jajaran Pimpinan BPD Desa Growong Lor. Dalam Sambutan Pengantarnya, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UPGRIS secara virtual.

Pada hari Sabtu, 29 Januari 2022, mahasiswa KKN Desa Growong Lor melakukan kegiatan yang pertama yaitu pemotongan rumput lapangan silugonggo Growong Lor pada pagi hari pukul 06.00 – 07.30. Kegiatan tersebut dilakukan untuk membersihkan rumput-rumput yang panjang agar lapangan tersebut digunakan dengan nyaman oleh masyarakat.

Kegiatan yang kedua yaitu Silahturahmi di SD Growong Lor 01, mahasiswa kkn meminta ijin ke pihak sekolah terkait program kerja yang akan dilakukan di sekolah mengenai pendampingan guru mengajar serta mempromosikan rumah belajar (Bimbingan Belajar di Posko KKN UPGRIS).

Pada hari Senin, 31 Januari 2022, mahasiswa KKN UPGRIS melaksanakan kegiatan yang pertama kegiatan pengembangan UMKM di Kuningan  Bapak Ciwur. Lokasi produksi tersebut di Jl. Timah Desa Growong Lor Rt 04 Rw 03. Kuningan yang dihasilkan handel, knop, kris antik, engsel pintu, dan lain-lain. Pengembangan UMKM tersebut dilaksanakan untuk membantu memasarkan produk dari Kuningan Bapak Ciwur, serta membantu pengemasan barang. Selain itu dengan pengembangan UMKM mahasiswa punya pengalaman dalam pemasaran secara langsung. Pemasaran UMKM dilakukan secara online melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan disorder oleh sales-sales kuningan serta dikirim di pasar lokal.

Kegiatan yang kedua yaitu rumah belajar. Rumah belajar diadakan di Posko KKN UPGRIS Growong Lor yang dilaksanakan pada sore hari pukul 15.30 – 17.00. Rumah belajar ini dibuka untuk siswa SD dan siswa SMP. Rumah belajar ini dilaksanakan untuk membantu siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah, membantu menjelaskan materi yang belum dipahami.

Pada hari Selasa, 1 Februari 2022, pukul 17.00 – 18.00 mahasiswa KKN UPGRIS mengadakan kegiatan senam aerobic desa Growong Lor RT 07 Rw 03 di Rumah Bapak Jarto. Pengadaan senam aerobic ini bermanfaat untuk kesehatan jasmani serta dapat menurunkan lemak badan, menambah daya imun, menjaga metabolism tubuh. Dalam pengadaan senam aerobic ini banyak peminat terutama ibu-ibu. Dengan pelaksanaan kegiatan senam ini memberi kekompakan antara mahasiswa dengan masyarakat sekitar.

Pada hari Rabu, 2 Februari 2022 mahasiswa KKN UPGRIS Desa Growong Lor melakukan kegiatan yang pertama yaitu pembagian masker dan mempromosikan bimbingan belajar di Sekolah Dasar Growong Lor 01 & 03. Pembagian masker di SD guna mencegah covid-19 Di lingkungan sekolah dasar serta agar mematuhi protokol. Selain pembagian masker, mahasiswa KKN UPGRIS juga mempromosikan bimbingan belajar yang diadakan di Posko KKN. Dengan adanya promosi rumah belajar diharapkan siswa dapat mengikuti kegiatan bimbingan belajar secara gratis dan dapat menambah pengetahuan siswa.

Kegiatan kedua yaitu Rumah belajar. Rumah belajar terdapat dua sesi, untuk sesi pertama dimulai pukul 15.30 – 17.00 dan sesi kedua pukul 18.00 – 19.30. Antusias siswa sekolah dasar menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan kegiatan ini sehingga tujuan dari dilaksanakannya program kerja ini dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Program kerja ini ditujukan kepada siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama,. Pelaksanaan program ini dimulai setiap hari senin, rabu, dan jumat.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan