Tim KKN IPMAFA Margoyoso Berdayakan Ibu-Ibu PKK Melalui Pelatihan Hantaran Kreatif: Langkah Menuju Kemandirian Ekonomi

  • Aug 23, 2024
  • GROWONGLOR-JUWANA

Dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat, tim Kuliah Kerja Nyata Sadhana Seva Institut Pesantren Mathali’ul Falah menggelar program pelatihan hantaran kreatif bagi ibu-ibu PKK di Desa GrowongLor. Program yang bertema “Peran: Pelatihan Hantaran Kreatif” ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan membuka peluang usaha bagi ibu-ibu rumah tangga di desa tersebut.

Pelatihan yang berlangsung pada tanggal 21 Agustus 2024 ini bertempat di Balai Desa GrowongLor yang diikuti oleh puluhan ibu-ibu pkk yang penuh antusiasme. Mereka diajarkan berbagai teknik dasar hingga lanjutan dalam membuat hantaran lamaran yang kreatif dan menarik dengan berbagai bentuk. Mulai dari merangkai mukenah menjadi bunga, handuk menjadi angsa, boneka dan kura-kura hingga menghias seserahan dalam kotak lamaran dengan elegan semua di pelajari dengan teliti dibawah bimbingan Narasumber dan tim KKN Sadhana Seva.

Koordinator program, Hafisni Nur menjelaskan bahwa pelatihan ini tidak hanya sekedar mengajarkan keterampilan baru, tetapi juga mendorong ibu-ibu PKK untuk melihat potensi usaha di bidang ini. “Dengan memiliki keterampilan ini, bu-ibu bisa memulai membuat produk hantaran untuk dijual, baik secara individu maupun komunitas dan kelompok. Saya berharap ini bisa menjadi langkah awal menuju kemandirian ekonomi” jelasnya.

Program pelatihan ini juga mendapat dukungan penuh dari pihak kepala desa dan tokoh masyarakat setempat. Mereka melihat pelatihan ini sebagai usaha positif dalam memberdayakan ibu-ibu rumah tangga agar lebih produktif dan memiliki kontribusi dalam perekonomian keluarga. Tim KKN berharap, inisiatif ini dapat berkelanjutan dan menjadi salah satu program unggulan ibu-ibu PKK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Dawm